Member of Top Seratus

100 Blog Indonesia Terbaik

Senin, 29 Maret 2010

Beratnya Menyosialisasikan "Earth Hour"


Sabtu malam minggu, tanggal 27 Maret 2010, pukul 20.30-21.30, ”Earth Hour” kembali diadakan untuk kedua kalinya di Jakarta. Ini adalah simbol dan bentuk kepedulian masyarakat terhadap penanggulangan perubahan iklim, terutama melalui upaya penghematan energi dari penggunaan listrik
Masyarakat bumi selama satu jam diajak mematikan lampu di luar gedung atau rumah serta peralatan listrik dan lampu lainnya yang tidak digunakan.
Sekecil apa pun kontribusi yang bisa dilakukan, akan memberikan perubahan yang positif bagi ketahanan energi, pembangunan ekonomi, serta kelangsungan hidup di bumi. Ajakan mulia ini kurang memanfaatkan sarana publik untuk kampanyenya sehingga kurang tersosialisasi dengan baik (http://www.earthhour.wwf.or.id/news_detail.php?id=193)

Oleh sebab itu, penulis menggunakan poster dan leaflet yang dirancang sendiri, yang disebarkan kepada para siswa di lingkup Yayasan Keluarga Bunda (TK Maria Yasintha, SD Maria Fransiska, SMP Pax Ecclesia dan SMA Pax Patriae Bekasi). Mengapa disebarkan kepada para siswa? Karena penulis mengharapkan timbulnya efek bola salju (snow ball effect), para siswa bisa mengkomunikasikannya kepada siswa-siswa dari lain sekolah, kepada orang tuanya, kepada sanak saudaranya sehingga gema kampanye akan melebar ke lingkungan yang lebih luas.

Sebagai bahan evaluasi, pada hari Senin, tanggal 29 Maret 2010, penulis mengedarkan kuesioner untuk mengecek : apakah mereka menonton sinetron pada pk. 20.30 atau main game atau mendengarkan radio atau jalan-jalan ke mal, ke restoran atau ke bioskop?
Hasilnya, ternyata tidak banyak orang yang berpartisipasi dalam Earth Hour. Kenapa? Dari kuesioner terungkap, bahwa mereka tidak tahu apa yang mesti dikerjakan ketika lampu padam selama 1 jam – apa yang harus dilakukan selama dalam kegelapan? Maka untuk kampanye tahun depan, harus dipikirkan kegiatan alternatif agar masyarakat tidak bengong selama lampu padam yang cukup lama itu

2 komentar:

  1. Rupanya perhatian masyarakat pada kampanye pelestarian lingkungan itu sangat minim.

    Bahkan konser musik EARTH LIVE/RUN FOR WATER di Bali pun sepi sponsor (MEREKAPUN TAMPIL PRO BONO - Kompas, Senin 19 April 2010)

    Ini link-nya :
    http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/04/19/04532760/mereka.tampil.pro.bono

    BalasHapus
  2. Pengumuman hasil Kompetisi Blog dapat dilihat di web kum kum. coba dilihat deh. http://kumkum.dagdigdug.com/category/kompetisi-blog/

    Artikel ini terdaftar dalam DAFTAR PESERTA KOMPETISI BLOG itu di no. urut 49 ..... tapi nggak lolos .... he....he....coba lagi ya

    BalasHapus